Rabu, 15 Februari 2012

PROPIL PONDOK PESANTREN AL-MUNFARDIYYAH

| No comment
Profil Pondok Pesantren Al-Munfardiyyah - www.almunfardiyyah.ponpes.id

Pondok Pesantren Al-Munfardiyyah merupakan salah satu Lembaga Mandiri yang mengakar di masyarakat yang terdapat di Kampung Pasir Awi Girang, Desa Palasari Girang, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pondok Pesantren tersebut didirikan pada tahun 1989 pada areal seluas ± 2.000M² saat ini Ponpes Al-Munfardiyyah Memiliki 4 buah

Gedung/Bangunan, Gedung pertama digunakan untuk sekolah Diniyyah seluas 17 x 7 M², gedung kedua merupakan Asrama santri yang mempunyai ukuran 8 x 7 M², dan saat ini menampung sebanyak 20 orang santri. Gedung ketiga adalah Majlis Ta’lim yang mempunyai ukuran 10 x 10 M² dan Gedung keempat adalah Mesjid dengan luas 12,5 x 8 M². Kegiatan rutin yang dilakukan Ponpes ini terdiri dari : 


1. Pondok Pesantren

2. Madrasah Diniyyah
3. Majlis Ta'lim
4. Pengajian Rutinan Kaum Ibu
5. Pengajian Rutinan Kaum Bapa
6. Extra Kurikuler "Rebana"
7. Extra Kurikuler "Marawis"

Tenaga Pengajar yang mengasuh Ponpes Al-Munfardiyyah merupakan Alumni Pondok Pesantren Annizomiyyah-Cicurug, Alumni Pondok Pesantren Suweng - Parungkuda,  Alumni Pondok Pesantren Nizhomul Huda Sukabumi, dan Alumni Pondok Pesantren Al-Munfardiyyah.


Selain kegiatan pendidikan agama, Ponpes ini juga menyelenggarakan pembinaan terhadap Santri/Santriat serta masyarakat sekitar dalam hal budidaya tanaman Agribisnis seperti tanaman tomat, buncis, sawi, ketimun, singkong, padi dan lain-lain, selain tanaman diberikan pembinaan dalam beternak kambing.


Masyarakat sekitar ponpes adalah mayoritas petani yang berusaha dalam bidang tanaman Hortikultura dan pangan serta ternak kambing, kegiatan usaha tani/Agribisnis disekitar ponpes berlangsung dengan baik, hasil tanaman yang di peroleh petani dengan pemasaran yang lancar bertransaksi secara tunai.


Tujuan :

Tujuan dari kegiatan ini adalah :
1. Meningkatkan keterampilan dan kualitas masyarakat Pondok Pesantren Al-Munfardiyyah dan masyarakat sekitarnya dalam mewujudkan ketahanan

2. Mengembangkan Potensi Pondok Pesantren Al-Munfardiyyah sebagai salah satu pelaku utama dalam pengembangan ekonomi pedesaan.


3. Meningkatkan lapangan kerja dan lapangan usaha bagi masyarakat dilingkungan Pondok Pesantren Al-Munfardiyyah.


4. Mewujudkan ketahanan pangan dilingkungan Pondok Pesantren Al-Munfardiyyah melalui peningkatan Akses pondok pesantren terhadap pangan yang cukup dan berkualitas. 

  • Terjadinya peningkatan keterampilan dan kualitas masyarakat Pondok Pesantren Al-Munfardiyyah sehinggan dapat menjadi tenaga pendamping bagi pemberdayaan masyarakat diluar pondok pesantren dalam mewujudkan ketahanan pangan.
  • Tumbuhnya unit-unit bisnis dilingkungan masyarakat dan warga pesantren sehingga pada akhirnya Pondok Pesantren Al-Munfardiyyah menjadi salah satu pelaku utama dalam pengembangan ekonomi pedesaan.
  • Terwujudnya ketahanan pangan masyarakat Pondok Pesantren Al-Munfardiyyah dan lingkungan disekitarnya yang ditandai dengan peningkatan akses terhadap pangan yang cukup dan berkualitas.

BANGUNAN PONDOK PESANTREN AL-MUNFARDIYYAH

Profil Pondok Pesantren Al-Munfardiyyah - www.almunfardiyyah.ponpes.id

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas Kunjungannnya Silakan Kasih Komentar.

Popular Posts

Accordition